Buka Blokir WhatsApp dan Sosial Media lainnya dengan VPN Orbot

Hello world!

Per tanggal 22 Mei kemarin, pemerintah secara resmi membatasi akses media sosial di Indonesia salah satunya WhatsApp – aplikasi yang sering saya gunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga dan kolega.

Saya mulai merasakan keanehan sejak kemarin, WhatsApp saya sama sekali tidak berfungsi, awalnya saya mengira koneksi internet saya yang kurang bagus, saya coba buka Instagram, lalu Facebook, juga tidak berfungsi, feed di Instagram tidak berhasil melakukan update. Saya lalu coba buka situs lainnya dari Google, detikcom, sampai blog ini, semua lancar – kecuali sosial media.

Uniknya untuk WhatsApp, setelah beberapa jam kemudian saya dapat mengirim dan menerima pesan, tapi saya tidak bisa mengirim dan menerima baik gambar maupun video dan tidak bisa membuat status di WhatsApp. Ya, ini sesuai dengan regulasi pemerintah saat ini bahwa sosial media dibatasi hingga tanggal 25 Mei.

Karena saya tetap membutuhkan aplikasi sosial media tersebut, saya mulai mencari-cari aplikasi VPN yang cukup ringan, akhirnya saya memilih aplikasi Orbot.

Alasan saya menggunakan VPN ini adalah, VPN ini cukup kencang dan ringan di smartphone saya. Saya juga sering menggunakan Tor Browser di laptop saya, dan satu lagi kelebihannya yaitu geratis, hehe…

Aplikasi ini sangat mudah digunakan, tentunya setelah kita install Orbot, kita akan disuguhi tampilan seperti dibawah ini:

Untuk Tor-Enabled Apps pastikan pilih aplikasi yang dibatasi oleh pemerintah, yaitu Facebook, LINE, WhatsApp dan Instagram(atau pilih sesuai kebutuhan), jangan lupa aktifkan VPN Mode, untuk pilihan server bisa gunakan United States, Singapore atau United Kingdom, saran saya hindari server dari negara Eropa Timur.

Setelah semua konfigurasi selesai, tekan start dan anda akan dapat mengakses semua aplikasi sosial media tanpa batas. 🙂

You may also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.