Istanbulkart dan Museum Pass

Hello world!

Setelah sampai di Ataturk airport Istanbul, saya bingung gimana caranya supaya saya sampai di hostel tempat saya menginap. Untungnya saya gak sendiri, teman saya yang siap tanggap itu langsung menemukan stasiun metro. Oia, menurut pengalaman saya sih, dimana pun kita berada, kalau udah nemuin transportasi yang namanya metro, pasti bakal membantu banget deh. Selain harganya lebih murah, metro juga salah satu transportasi yang lebih cepat dan tepat waktu. Tapi, untuk sampai ke tempat tujuan, saya harus transit di stasiun metro tertentu dan beralih ke tram. Eh, tapi di Istanbul tramnya bagus juga loh. Kalau kita naik tram di jam-jam sibuk, wah penumpangnya bakal penuh banget.
Sayangnya, di Istanbul sistem pembayaran transportasi umumnya ga semudah di Moskow. Kalau kita transit, kita harus bayar lagi. Tapi, jangan khawatir, di sini ada yang namanya Istanbulkart yang bakal meringankan biaya transportasi kita selama di Istanbul. Untuk pembelian kartu Istanbulkart, kita harus mengeluarkan uang sebesar 6TL. Tapi itu hanya kartunya saja, untuk menggunakannya kita perlu mengisi ulang lagi, dan mesin pengisian ulangnya gak nerima koin. Oia, kalau kalian mau menghemat biaya masuk museum juga kalian bisa beli museum pass seharga 85TL.
Istanbulkart dan Museum Pass

Untuk mendapatkan Museum Pass juga mudah. Kita bisa membelinya langsung di loket pembelian tiket museum di Hagia Sophia atau memesannya secara online, kemudian bisa dikirim langsung ke tempat di mana kita menginap. Gampang kan 😉

Museum Pass ini berlaku hanya di 12 museum:

Hagia Sophia Museum
Topkapı Palace
Hagia Irene
Istanbul Archaeological Museums
Museum of  Turkish and Islamic Arts
Istanbul Mosaic Museum
Museum for the History of Science and Technology in Islam
Chora Museum
Fethiye Museum
Galata Mevlevi House
Rumeli Hisar Museum
Yildiz Palace

Menurut saya, museum yang paling top ya sesuai dengan namanya, ya Topkapi Palace hehehe… Kekurangannya dari Museum Pass yaitu kita gak bisa menggunakannya di Basilica Cistern Museum. Terpaksa saya harus mengeluarkan uang tambahan sebesar 20TL untuk masuk ke dalam Basilica Cistern. Tapi gak nyesel kok bisa masuk ke sana, kita bisa dateng langsung ke tempat pembuatan filmnya James Bond “From Russia with Love” dan “Inferno”.

Hits: 0

2 Replies to “Istanbulkart dan Museum Pass”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *