MUSEUM WAYANG DJAKARTA

 

Wayang Kulit

Hello World!

Terkadang sebagai orang Indonesia, kita masa bodoh dengan kekayaan budaya dan seni yang kita miliki. Namun, setelah saya bertemu dengan beberapa orang asing yang sedang berkunjung ke Indonesia, mereka membuat saya sadar bahwa sebagai warga negara Indonesia seharusnya peduli dan tahu lebih banyak tentang kebudayaan dan seni dari negara sendiri.

Satu dari sekian banyak kesenian asli Indonesia adalah pertunjukkan wayang. Wayang memiliki berbagai macam jenis, misalnya saja wayang kulit, wayang orang, wayang golek, wayang kayu, dan lain-lain. Ternyata popularitas wayang ini tidak hanya di Indonesia saja, bahkan dari negara lain pun banyak yang tertarik dengan bentuk dari wayang itu sendiri. Kali ini, saya tidak akan membahas mengenai tokoh  atau jenis-jenis wayang yang sering ditampilkan pada pertunjukkan seni wayang di Indonesia. Tetapi, saya hanya akan bercerita mengenai museum wayang yang berada di Jakarta.

Museum wayang terletak di kawasan wisata kota tua, Jakarta. Jika kita ingin mengunjungi museum ini, cukup dengan membayar Rp 5.000 saja. Untuk sampai ke tempat tujuan, kita dapat menggunakan transportasi umum seperti TransJakarta dengan rute BlokM-Kota. Museum ini sangat cocok dikunjungi oleh para pecinta seni wayang atau turis asing yang ingin mengetahui lebih jauh mengenai sejarah dan jenis wayang yang ada di seluruh Indonesia. Memasuki museum ini membuat saya merasa terhibur dengan koleksi-koleksi boneka berbentuk wayang yang tidak hanya berasal dari Indonesia saja, bahkan boneka dari negara lain pun menambah lengkap koleksi dari museum ini. Seperti boneka dari Cina, Malaysia, India, Polandia, Rusia, dan dari negara lainnya. Yang membuat saya semakin terhibur adalah adanya koleksi boneka para tokoh si Unyil.

Tokoh Si Unyil

Selain boneka si Unyil, saya juga sangat tertarik dengan beberapa bentuk wayang golek raksasa. Biasanya saya hanya melihat beberapa wayang golek berukuran normal di toko-toko suvenir, tetapi di museum ini saya menemukan wayang golek yang ukurannya melebihi tinggi badan saya.

Wayang Golek

Dewasa ini, keberadaan wayang sangat jarang kita jumpai. Bahkan di televisi pun sudah tidak ada lagi yang menyiarkan acara pertunjukkan wayang. Generasi mudah masa kini mungkin saja ada yang tidak mengenal apa itu wayang. Melalui museum inilah kita dapat menginformasikan kepada generasi muda atau anak-anak mengenai sejarah wayang dan jenisnya.

Menurut saya, mengunjungi museum wayang ini tidak rugi sama sekali. Selain tempatnya  yang menarik sebagai tujuan wisata, kita juga bisa sambil mempelajari hal baru yang tidak kita ketahui sebelumnya. Di museum in juga terdapat toko suvenir yang menjual beberapa jenis wayang golek. Setelah mengunjungi museum ini, kita dapat mengunjungi museum lainnya di sekitar kota tua. Atau jika ingin melanjutkan perjalanan ke Monumen Nasional, kita dapat menggunakan bus tingkat (city tour) gratis dari halte bus terdekat.

 

One Reply to “MUSEUM WAYANG DJAKARTA”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *