Memahami Perselingkuhan Lewat Serial The Affair

Hello World!

ilustrasi

Akhir-akhir ini, tema tentang perselingkuhan sedang ramai-ramainya dibicarakan. Baik dari kalangan remaja, ibu rumah tangga, hingga selebriti. Jika kita memperdebatkan masalah perselingkuhan, memang tidak akan pernah menemukan titik ujungnya. Ada yang menentangnya dan ada pula yang menganggapnya sebagai hiburan dalam menjalin suatu hubungan.

Penasaran bagaimana perselingkuhan bisa terjadi? Kamu gak perlu melakukannya agar dapat memahami alasan mereka yang melakukan perselingkuhan. Cukup dengan menonton serial The Affair mulai dari season pertama sampai ketiga. Dari serial tersebut, kita dapat memahami secara mendalam bagaimana perasaan seorang peselingkuh dan korbannya.

Berawal dari cerita satu keluarga yang sedang melakukan perjalanan liburan musim panas dari Brooklyn menuju Montauk. Mereka adalah Noah Solloway yang merupakan seorang penulis novel, Helen (istri dari Noah), dan keempat anak mereka. Sebelum tiba di tempat tujuan, mereka mamapir ke sebuah cafe kecil, tempat di mana pertemuan pertama antara Noah Solloway dengan Alison Bailey (Pelayan cafe). Ketertarikan Noah terhadap Alison tidak hanya sampai di situ, hubungan mereka berlanjut ke arah perselingkuhan. Tanpa mereka sadari, hubungan atas dasar pertemanan tersebut merupakan awal dari pengkhianatan terhadap pasangan masing-masing.

Uniknya dari serial ini adalah dalam setiap episode terbagi dari dua part. Part pertama menceritakan alur peristiwa dari sudut pandang Noah dan part kedua dari sudut pandang Alison. Menurut saya, serial tersebut dibuat sedemikian rupa, agar kita bisa memahami unsur psikologis dari setiap tokohnya.

Melalui serial ini, kita bisa memahami alasan mengapa laki-laki tega meninggalkan keluarganya demi permpuan lain. Dari sudut pandang Noah, kita bisa melihat bagaimana dia merasa tertarik dengan sosok Alison, seorang pelayan wanita yang telah bersuami. Pada saat itu, Noah merasa bahwa dia perlu memprioritaskan karirnya daripada permasalahan keluarganya. Dia berharap banyak kepada sosok Alison yang mampu menginspirasi jalannya cerita novel yang sedang dia tulis. Setelah liburan musim panas berakhir, Noah menyadari kesalahannya dan meminta maaf kepada istrinya, Helen. Tapi, permohonan maaf tidak sesederhana itu. Hubungannya dengan Helen semakin memburuk dan Noah pun semakin tergila-gila dengan Alison. Noah rela mengorbankan keluarganya karena dia merasa bahwa dirinya tidak lebih hebat dari istrinya, dan pada saat itu hadirlah sosok Alison yang mampu melengkapi kekurangannya.

Dari sudut pandang Alison, sebagai seorang perempuan, menjadi seorang wanita simpanan adalah bukan pilihan. Dia terus berusaha melakukan segala cara agar Noah mau menikahinya. Tapi, setelah pernikahan mereka terwujud, Alison merasa hubungan antara Noah dan dirinya harus diakhiri. Karena dia menganggap bahwa hubungan yang diawali dengan cara curang tidak akan membawa kebahagiaan. Kita juga bisa melihat bagaimana perasaan seorang perempuan yang merasa bersalah karena melakukan perselingkuhan sehingga merusak kehidupan keluarganya sendiri dan keluarga orang lain.

Sosok Helen adalah sosok yang menarik bagi saya. Di season pertama, dia digambarkan sebagai wanita korban perselingkuhan yang jiwanya hancur. Ketika pertama kali dia tahu bahwa suaminya telah berselingkuh, perasaannya bercampur aduk. Dia ingin memaafkan perbuatan suaminya, tetapi kesalahan tersebut tidak bisa dengan mudah dilupakan. Selain merasa sangat kecewa, dia juga merasa kacau karena harus menjadi single parent yang mengurus keempat anaknya. Dia berusaha keras untuk mempertahankan keutuhan rumah tangganya demi keempat anaknya, namun usaha tersebut tidak berhasil. Akhirnya dia menyerah dan merelakan suaminya dimiliki oleh wanita lain. Di akhir cerita, Helen lebih memilih menjalin hubungan dengan pria lain yang mampu menyembuhkan rasa sakit hatinya dibanding dengan harus memilih Noah yang ingin kembali kepadanya.

Dari cerita serial tersebut, kita juga bisa mengambil pelajaran bahwa jika dalam suatu keluarga memiliki masalah, sebaiknya konsultasikan permasalahan tersebut kepada psikolog keluarga agar terhindar dari kekerasan fisik ketika sedang berdebat. Dan dalam suatu hubungan perlu adanya rasa percaya dan kejujuraan untuk menjaga hubungan agar tetap harmonis.

Jadi, inti dari tulisan ini, jika kalian berencana untuk mencurangi pasangan kalian, sebaiknya dipikirkan lagi resiko yang akan ditanggung. Dan, bagi kalian yang sudah terlanjur melakukannya, masih ada cara untuk berubah dengan pembuktian sikap 🙂

One Reply to “Memahami Perselingkuhan Lewat Serial The Affair”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *