Tiga Masjid Terbesar di Tiga Kota Rusia

Hello World!

Siapa bilang di negara yang mayoritas penduduknya beragama kristen ortodoks sulit menemukan masjid. Mungkin hal tersebut terjadi ketika negara Rusia masih menjadi bagian dari Uni Soviet. Tapi, lain halnya dengan saat ini. Di kota-kota besar seperti Moskow, St. Petersburg, dan Kazan terdapat bangunan masjid bergaya Eropa Timur.

Untuk masuk ke dalam masjid, kita tidak bisa masuk seenaknya seperti di Indonesia. Kita diharuskan berpakaian sopan dan menggunakan penutup kepala (bagi wanita). Sebelum memasuki area masjid, kita juga harus melewati pintu metal detektor agar keamanan terjamin.

Masjid Katedral Moskow

Masjid Katedral Moskow

Mesjid Katedral Moskow atau dalam bahasa Rusia disebut Moskovskaya Sobornaya Mechet berada di kota Moskow. Masjid ini diresmikan pada September 2015 oleh Presiden Rusia Vladimir Putin. Masjid ini terdiri dari empat lantai, di lantai pertama tempat untuk berwudhu, tempat penyimpanan sepatu dan jaket, dan mimbar masjid. Lantai dua merupakan tempat shalat wanita. Lantai tiga sebagai museum islam, dan lantai empat digunakan sebagai tempat shalat laki-laki. Masjid ini juga dilengkapi dengan lift sehingga pengunjung tidak merasa lelah ketika harus menuju lantai teratas.

Masjid St. Petersburg

Masjid St. Peterburg

Masjid St. Petersburg terletak di kota St. Petersburg Rusia. Bangunan ini memiliki dua menara yang menjulang tinggi dan satu kubah dengan bentuk seperti kapsul yang dibelah dua. Masjid ini dibuka pertama kali pada tahun 1913. Jika ditelusuri lebih dalam, masjid ini memiliki cerita bersejarah yang berkaitan dengan Presiden pertama Indonesia Soekarno. Pada saat Perang Dunia II, bangunan ini sempat dijadikan gudang dan sebagai tempat penyimpanan obat-obatan. Tetapi, setelah Presiden Soekarno mengunjungi kota ini dan melihat masjid tersebut, beliau meminta kepada pemerintah Rusia untuk mengembalikan masjid ini sebagaimana fungsinya. Kemudian, masjid St. Petersburg berhasil direnovasi yang pada akhirnya digunakan kembali hingga saat ini.

Masjid Qolsharif

Masjid Qolsharif

Masjid Qolsharif terletak di kota Kazan, Rusia. Mayoritas penduduk di kota ini adalah bangsa Tatar yang beragama islam. Jadi, tidak heran jika masjid Qolsharif merupaka simbol dari kota ini. Masjid ini terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama sebagai tempat shalat laki-laki, lantai kedua sebagai tempat shalat wanita, dan uniknya di lantai tiga diperuntukkan bagi turis. Di lantai tiga, pengunjung yang bukan beragama islam bisa melihat bagaimana cara orang islam sedang menjalankan ibadah shalat. Toleransi antar umat beragama di sini sangat terasa sekali. Di masjid ini juga terdapat museum tentang agama islam dan ada pula koleksi benda-benda yang berkaitan dengan agama islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *