Basilica Cistern, Lokasi pembuatan film James Bond dan Inferno di Instanbul

Hello World!

Rasanya hampir setiap orang pasti pernah mendengar tokoh James Bond sang detektif  yang sangat populer hingga saat ini. Tapi, saya gak akan bahas mengenai film-filmnya ataupun para aktornya, melainkan tentang lokasi pembuatan film yang berjudul From Russia With Love. Salah satu tempatnya adalah Basilica Cistern yang berada di Istanbul, Turki. Selain film tersebut, lokasi ini juga pernah digunakan sebagai tempat syuting film Inferno yang dibintangi oleh aktor ternama Tom Hanks. Setelah menonton film Inferno, saya semakin penasaran dengan tempat yang menurut saya misterius dan berhasil memanjakan mata para penonton di kursi bioskop.

Ketika saya memiliki kesempatan mengunjungi Istanbul, tentu saja tempat yang wajib didatangi adalah Basilica Cistern. Saya pun ingin merasakan berada di tempat yang pernah dijadikan lokasi pembuatan kedua film tersebut. Tapi, untuk memasukinya tidak geratis loh. Harga satu tiket untuk orang asing sebesar 20TL, sedangkan untuk warga lokalnya sendiri hanya 10TL.

Ada beberapa foto yang berhasil saya abadikan selama berada di dalam sana.

Basilica Cistern

Karena suasana di dalam minim cahaya, maka pengambilan gambarnya pun sulit. Di dalam Museum ini, para pengunjung juga banyak yang penasran dengan dua patung kepala medusa, termasuk saya 😀

Patung medusa di Basilica Cistern

Sebenarnya, patung tersebut adalah pilar bangunan yang bagian bawahnya berbentuk kepala medusa. Jika dilihat dari gambarnya, kepala tersebut seolah-olah sebagai penopang bangunan. Tempat ini menyerupai kolam raksasa yang terdiri dari pilar-pilar dan digenangi oleh air. Cahaya lampu berwarna oranye muncul dari permukaan air sehingga mempercantik tempat tersebut. Kita bisa berjalan mengelilingi setiap sudutnya melalui jembatan kayu yang telah disediakan.

patung kepala medusa

Gambar di atas adalah patung kepala medusa yang menghadap ke arah lain. Jika dilihat lebih dekat lagi, di bagian kolamnya ada banyak koin-koin. Para pengunjung percaya, jika mereka melemparkan koin ke dalam kolam sambil membuat permohonan, maka suatu saat nanti akan terkabul.

Basillica Cistern

Terimakasih bagi yang sudah membaca dari awal sampai akhir cerita. Bagi yang masih penasaran seperti apa dalamnya, silahkan tonton film Inferno dan From Russia With Love atau bisa juga datang langsung ke tempat ini 🙂

One Reply to “Basilica Cistern, Lokasi pembuatan film James Bond dan Inferno di Instanbul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *