Maslenitsa, Perayaan Unik dari Rusia

Hello World!

Mungkin istilah maslenitsa (Масленица) masih terasa asing di telinga kita yang tinggal di negara beriklim tropis. Sebenarnya itu hal yang wajar sih, karena perayaan ini berkaitan dengan musim dingin dan musim semi. Maslenitsa diselenggarakan di antara waktu sebelum berakhirnya musim dingin dan sebelum datangnya musim semi (biasanya diadakan pada bulan Februari). Perayaan maslenitsa ini berasal dari bangsa Slav yang tinggal di Eropa Timur.

Persiapan perayaan maslenitsa

Biasanya, maslenitsa identik dengan makanan bernama bliny (Блины) semacam pane cake. Di mana ada perayaan maslenitsa, maka di situ terdapat bliny. Sama seperti kehadiran ketupat pada saat lebaran.

Para penjual bliny (pane cake) yang ikut merayakan maslenitsa

Perayaan maslenitsa tidak lengkap rasanya jika tidak ada boneka raksasa dengan rambut panjang seperti tokoh kartun Rapunzel. Biasanya mereka menamai boneka itu dengan sebutan babuska (бабушка) yang berarti nenek.

boneka raksasa yang menjadi pusat perhatian pengunjung

Para pengunjung tidak melewatkan untuk berfoto dengan boneka raksasa yang merupakan simbol acara tersebut. Masyarakat setempat sangat antusias merakayan acara tahunan ini. Mereka menyelenggarakan berbagai hiburan rakyat yang dimulai dari siang sampai malam hari. Salah satu hiburan yang menarik tapi tidak asing bagi saya adalah perlombaan panjat pinang.

Salah satu peseta lomba panjat pinang

Hal unik dari perlombaan tersebut adalah peserta lomba yang tetap semangat memanjat tiang tanpa pakaian musim dingin. Padahal suhu udara pada saat itu sekitar minus 3 sampai minus 5 derajat celcius.

Sambil menunggu acara inti yang diadakan di malam harinya, saya menemukan penjual teh panas yang tidak biasa juga. Kalau biasanya teh disajikan dari air panas yang disimpan di dalam termos, berbeda halnya dengan di Rusia. Mereka akan menuangkannya langsung dari samovar. Samovar adalah teko khas rusia yang terbuat dari bahan metal dan digunakan untuk memanaskan air.

Samovar

Karena maslenitsa ini merupakan pesta rakyat Rusia, maka mereka akan menampilkan apapun yang mencirikan negara mereka. Bahkan penjual teh pun berpenampilan lengkap dengan pakaian tradisional mereka.

Nah, puncak dari perayaan ini adalah dibakarnya boneka raksasa berambut panjang tadi yang sudah saya ceritakan di awal tulisan. Ketika matahari mulai terbenam, seluruh pengunjung acara tersebut mulai berdesakan untuk mendekat dan mengeilingi boneka raksasa itu.

Malam puncak perayaan maslenitsa

Dengan dibakarnya boneka raksasa tadi, maka berakhirlah perayaan ini. Hangatnya api di tengah-tengah dinginnya salju seperti ketika hangatnya musim semi menyambut kami 🙂

One Reply to “Maslenitsa, Perayaan Unik dari Rusia”

  1. Duh, eta taneuh meuni barodas kitu, salju eta teh? Kabayang tirisna kawas kumaha.
    Eta nu panjat pinang meuni dibuligir, teu karasa tiris nyak. Asa kalebar pisan boneka di duruk

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *