Kestane atau chestnut, jajanan kaki lima Istanbul

Di setiap negara, cemilian sejenis biji-bijian ini memiliki sebutan yang berbeda-beda. Misalnya saja di Turki, cemilan ini disebut kestane, atau dalam bahasa Inggris bernama chestnut, dan bahasa latinnya yaitu Castanea sativa. Jika kita berkunjung ke Istanbul, kita akan sering menemukan penjaja kestane di mana-mana.

Di bawah ini adalah gambar salah satu penjual kestane yang sedang melayani para pembeli 🙂

Penjual kestane

Kestane ini dijual dengan harga 5TL/100gr. Menurut saya harganya lumayan mahal juga sih, tapi sebanding kok dengan rasanya. Tekstur dan rasa biji-bijian ini lebih mirip dengan kacang-kacangan. Rasanya yang unik dan cocok dengan udara di sana, bikin saya ketagihan dengan cemilan ini. 😀

Nah, akhirnya saya membeli 300gr kastane dengan total harga 15TL. Karena pada saat itu saya bersama dengan dua orang teman saya, jadi gak mungkin donk kalau saya cuma beli 100gr. 😀

300gr kestane atau chestnut

Ternyata, pohon kestane atau chestnut hanya tumbuh di wilayah iklim sedang atau di bagian utara bumi. Pantas saja saya tidak pernah menemukan pohon kestane di Indonesia. Biji-bijian ini mengandung protein nabati yang baik bagi kesehatan tubuh kita. Jadi, kita tidak perlu khawatir untuk mengkonsumsi cemilian ini asalkan dalam porsi yang sewajarnya.

Saya masih penasaran dengan jenis biji-bijian ini. Kira-kira, seperti apa ya wujud kestane sebelum diolah menjadi cemilian yang lezat dan disukai oleh para penikmatnya. Karena, sebelum saya membelinya di Istanbul, saya pernah menemukan buah yang mirip dengan kestane di Rusia.

mnbmnb
buah yang masih menggantung di pohonnya

Jika diperhatikan lebih dekat lagi, buah yang saya temukan itu benar-benar mirip dengan kestane yang belum diolah.

buah yang jatuh dari pohonnya

Jadi, buah yang saya temukan sebelumnya itu sebenarnya masih sejenis dengan Castanea sativa atau bukan ya?

 

2 Replies to “Kestane atau chestnut, jajanan kaki lima Istanbul”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *